Australia Bangun PLTS Terbesar Dunia, Ekspor Listrik ke Negara Tetangga Indonesia

Australia Bangun PLTS Terbesar Dunia, Ekspor Listrik ke Negara Tetangga Indonesia


Kelasteknisi - Pemerintah Australia telah mengesahkan sebuah rencana ambisius untuk membangun ladang surya serta fasilitas baterai yang sangat besar di bagian utara negara tersebut pada hari Rabu (21/8/2024). Canberra menyatakan bahwa proyek ini akan menjadi kawasan surya paling besar di dunia.


Menteri Lingkungan Hidup, Tanya Plibersek, mengungkapkan bahwa ladang surya yang luas ini akan menghasilkan energi yang cukup untuk menyuplai listrik bagi tiga juta rumah dan akan mencakup instalasi panel serta baterai. Selain itu, proyek ini juga akan mencakup pembangunan kabel yang menghubungkan Australia dengan Singapura, sehingga energi yang dihasilkan dapat diekspor ke Negeri Singa.


"Ini akan menjadi kawasan surya terbesar di dunia dan akan meneguhkan posisi Australia sebagai pemimpin global dalam energi hijau," kata Plibersek.


Proyek ini, yang mencakup area seluas 12.000 hektar dan dikenal sebagai SunCable, terletak di Wilayah Utara Australia yang terkenal karena menerima sinar matahari yang tak terputus. Proyek ini didukung oleh miliarder teknologi sekaligus aktivis lingkungan, Mike Cannon-Brookes.


Proyek ini akan menyediakan 4 gigawatt per jam (GWh) untuk kebutuhan domestik, sementara sisanya sebesar 2 GWh akan dialokasikan untuk diekspor ke Singapura.


Saat ini, Australia merupakan salah satu eksportir batu bara dan gas terbesar di dunia. Namun, Negeri Kangguru ini tengah merasakan dampak perubahan iklim yang signifikan, mulai dari suhu yang ekstrem hingga banjir dan kebakaran hutan.


Meski warga Australia adalah salah satu pengadopsi panel surya rumah tangga paling antusias di dunia, sejumlah pemerintah daerah di negara itu masih lambat dalam mengadopsi energi terbarukan secara menyeluruh.


Pada tahun 2022, energi terbarukan menyumbang 32% dari total pembangkitan listrik Australia, sementara batu bara masih mendominasi dengan 47%, menurut data terbaru pemerintah.


Kunjungi artikel-artikel lainnya di halaman Kelas Teknisi untuk mendapatkan informasi bermnafaat lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url