Mengenal Sound System dan Bagiannya


Mengenal Sound System

Dalam kehidupan sehari-hari maupun di event ataupun acara, kerap kali kita mendengar istilah sound system. Dalam ranah audio profesional, terdapat beragam cara untuk mencapai kualitas suara yang optimal. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan sound system? Mari kita selami lebih dalam.


"Tata suara" mungkin merupakan terjemahan yang paling mendekati untuk istilah "sound system". Namun, para praktisi lebih sering menyebut sound system sebagai seperangkat peralatan reproduksi suara yang meliputi mikrofon, kaset/tape recorder - player, mixer (pencampur suara), amplifier, dan speaker monitor. Jadi, sound system adalah rangkaian komponen elektronik yang bersinergi untuk menghasilkan, mengirimkan, dan memperkuat sinyal audio.


Bagian-Bagian Sound System

Sound system sendiri terbagi menjadi dua sistem, yaitu:


1. Public Address System


Public Address System adalah seperangkat audio yang dipasang pada gedung bertingkat atau gedung lainnya dengan tujuan untuk menyampaikan pengumuman singkat atau menandakan keadaan darurat di gedung tersebut. Sistem ini bekerja dengan mendistribusikan suara ke seluruh area gedung.

Dilihat dari peralatannya, sistem ini lebih sederhana dan mudah karena pendistribusian sinyal audio menggunakan sistem tegangan dalam skala kecil, namun jangkauannya dapat lebih luas dan mencapai beberapa speaker. Perangkat yang digunakan meliputi speaker ceiling, amplifier, signal processor, bahkan mixer PA.


Baca juga: Cara Mengatasi Channel TV Digital Sedikit dan Tidak Lengkap


2. Sound Reinforcement


Sound Reinforcement adalah sistem yang lebih besar untuk menjangkau audiens dalam jumlah besar dan area luas, seperti konser musik live outdoor atau indoor. Sistem ini lebih kompleks dengan penggunaan X-over speaker, equalizer, delay speaker, limiter, dan aplikasi pendukung lainnya.

Terlihat dari kuantitas peralatannya, sistem ini menggunakan ratusan mikrofon, mixer audio, prosesor, audio controller, remote amplifier, line array speaker, gate, limiter, effect, dan lain-lain. Semua ini diintegrasikan dalam satu sistem yang kompleks untuk menghasilkan suara yang detail dan berkualitas, serta menjangkau audiens yang banyak.


Demikian sedikit ulasan tentang sound system. Terima kasih.

Kunjungi juga halaman utama Kelas Teknisi untuk mendapatkan lebih banyak informasi teknik dan tips untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url