Air Circuit Breaker: Pengertian, Cara Kerja, dan Komponen

Pengertian Air Circuit Breaker (ACB)

ACB merupakan singkatan dari Air Circuit Breaker adalah jenis circuit breaker yang berfungsi dalam memadamkan busur api menggunakan udara. Air circuit breaker bisa digunakan pada tegangan menengah dan rendah. Udara pada tekanan ruang atsmosfer dimanfaatkan untuk memadamkan busur api yang muncul akibat proses switching maupun saat terjadi gangguan.


Cara Kerja Air Circuit Breaker (ACB)

Cara kerja dari ACB yaitu menggunakan metode pemadaman busur api sederhana, dengan memperpanjang lintasan busur apinya. Saat kontak bekerja akan menimbulkan percikan busur api dibagian bawah kontaknya. Suhu lebih tinggi dari pada suhu bagian atasnya yang terjadi akibat busur api, sehingga menimbulkan aliran udara dari bawah ke atas. Konveksi udara akan sangat mudah memadamkan busur api yang panjang.


Komponen Elektrikal dalam Air Circuit Breaker (ACB)

ACB memiliki komponen elektrikal sebagai berikut:

Solenoid Motor (MM)

Solenoid motor adalah bagian internal dari ACB yang berfungsi membantu proses pengisian dengan menggerakkan tuas pada ACB secara otomatis menggunakan motor.

Closing Coil (CC)

Perangkat kontrol yang mendorong tuas mekanik Air Circuit Breaker (ACB) dari jarak jauh ketika diberi tegangan secara terus menerus atau seketika ke terminal coil sehingga ACB berada dalam posisi tertutup/ON. Setelah ACB tertutup/ON, sinyal ke coil penutup harus diputuskan untuk mengembalikan tuas ACB ke posisi awal.

Shunt Coil (SHT)

Perangkat kontrol yang menggerakkan tuas mekanik Air Circuit Breaker dari jarak jauh saat diberi tegangan secara continiu ke terminal coil sehingga ACB berada dalam posisi terbuka/OFF. Setelah ACB terbuka/OFF, sinyal ke coil shunt harus diputuskan untuk mengembalikan tuas ACB ke posisi semula.

Under Voltage Trip Device (UVT)

UVT yang terpasang dalam ACB bertugas untuk membuka ACB ketika pasokan atau tegangan kontrolnya turun di bawah level yang ditentukan.


Pengoperasian Air Circuit Breaker (ACB)

1. Pengoperasian Secara Manual

Berikut ini merupakan cara pengisian Air Circuit Breaker secara manual:

  1. Tarik tuas penuh kebawah 7 sampai 8 kali.
  2. Saat closing spring terisi penuh, maka indikat pengisian akan memperlihatkan "CHARGED".
Setelah cara pengisian, berikut ini cara pengoperasian ACB secara manual (Manual Closing and Tripping)

  1. Tekan ON button.
  2. ACB akan close.
  3. Selanjutnya, indikator ON/OFF akan menunjukkan ON dan indikator pengisian menampilkan DISCHARGED.
  4. Tekan OFF button.
  5. Kemudian, indikator ON/OFF menampilkan OFF.

2. Pengoperasian Secara Elektrikal

Pengoperasian ACB secara elektrical dilakukan dengan cara charging clossing spring yang otomatis menggunakan solenoid motor yang dikontrol dari jarak jauh. Saat tombol OFF ditekan maka closing spring secara otomatis akan terisi oleh solenoid motor dan Air circuit breaker akan menutup dengan menekan tombol ON.

Penutupan jarak jauh bisa dilakukan dengan cara menginjek tegangan sesaat pada closing coil. Selanjutnya, pembukaan jarak jauh bisa dilakukan dengan menginputkan tegangan sesaat pada shunt trip atau membukan sistem sesaat pada Under Voltage Trip.

Penutup


Demikian pengenalan dari Air Circuit Breaker mulai dari pengertian, cara kerja, komponen, dan cara pengoperasiannya. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda tentang perangkat proteksi ACB. Jika ada pertannyaan, silahkan tinggalkan dikomentar.


Sumber Referensi

  1. P. Bunga, "Perancangan Sistem Pengendalian Beban Dari Jarak Jauh Menggunakan Smart Relay," E-Jurnal Tek. Elektro dan Komput., vol 5, p, 11, 2015.
  2. H. Afifi, "Circuit Breaker Tegangan 4160 V pada PLTU Tambak Lorok PT Indonesia Power Semarang," p, 7.
  3. LSIS.Co, Susol & Metasol Air Circuit Breaker Technical Catalogue 2012. 2012
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url